Menu Close

Perbandingan pengukur aliran Tokico, pengukur aliran LC dan pengukur aliran FC (pengukur aliran)

Bagi yang bekerja dengan pertambangan, bahan bakar, bahan kimia, oli, solar dan segala jenis bahan bakar pasti pernah mendengar alat berat yang disebut dengan “flow meter”.

Di Indonesia merek terpopuler adalah Flow Meter Tokiko, Flow Meter LC dan Flow Meter FC (Flow Control). Semua flow meter ini memiliki satu kesamaan yaitu mengadopsi sistem (positive displacement flow meter), namun apa bedanya semua flow meter diatas? Ayo lihat

  1. Pengukur aliran Tokico
    Merek ini berasal dari Jepang, Puzzle berbentuk bulat dengan bobot yang relatif lebih ringan dibandingkan flow meter merek lain, seperti LC atau FC. Pengukur aliran ini diproduksi sejak tahun 1950, sehingga merk ini sudah lama populer di Indonesia. Harganya relatif murah dibandingkan kompetitor seperti pengukur aliran LC, tetapi sedikit lebih mahal daripada pengatur aliran.

Standar akurasi flow meter ini adalah 0,5% yang tergolong baik untuk mengukur apa saja, misalnya 1000 liter oli yang berasal dari tangki A ke tangki B, dan flow meter Tokico hanya bisa membaca 995 liter. Flow meter awalnya digunakan untuk transparansi dan pengumpulan data untuk mengetahui apakah ada kecurangan dalam proses pengangkutan cairan atau apakah itu minyak, minyak tanah, solar, bensin atau aktor.

Pengukur aliran Tokiko dirancang setipis mungkin untuk memudahkan pemasangan dari titik A ke B. Pengukur aliran ini tidak memakan banyak ruang dan relatif ringan. Kalaupun perlu perawatan, flow meter ini tidak sulit untuk diperbaiki atau dirawat karena masalah yang umum terjadi adalah kotoran yang masuk ke rotor karena tidak adanya filter / saringan.

Ada juga variasi bahan dengan ukuran berbeda untuk merk ini, misal:

  1. Ukuran 15-25 mm (1/2 inci hingga 1 inci) menggunakan rotor resin
  2. Ukuran menggunakan rotor paduan aluminium 40-50 mm (1/2 inci hingga 2 inci)
  3. Baling-baling besi cor berukuran 80-100 mm (3 “hingga 4”)

Untuk pengukur aliran Tokiko, ada juga opsi reset dan tidak ada opsi reset. (Reset berarti angka dapat kembali ke nol atau “0” jika kegagalan untuk mengatur ulang berarti angka tidak dapat kembali ke nol “” 0 “.) Ada perbedaan harga antara keduanya.

  1. Pengukur aliran LC
    Pengukur aliran ini berasal dari Idex Corporation yang berbasis di AS. Berbeda dengan flowmeter Tokiko, merek ini mengadopsi standar akurasi 0,2–0,3%. Pengukur aliran ini memperoleh sertifikasi NIST dan berat serta pengukuran internasional. Dengan suhu dari -40 ° F (-40 ° C) hingga 160 ° F (71 ° C). Ada juga beberapa jenis pengukur aliran LC, seperti seri M, seri MS, seri MSAA dan seri MA, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Pengukur aliran LC adalah pengukur aliran yang paling banyak digunakan di dunia karena keakuratannya yang sangat baik dan daya tahan barang yang lama. Dan aksesoris (printer, filter, penghilang air atau katup) sangat mudah dipasang. Ada sedikit kehilangan tekanan pada pengukur aliran ini. Cairan yang dapat diukur dari minyak bumi yang dimurnikan menjadi cairan pH basa.

Sekarang mari kita gambarkan jenis meter LC satu per satu:

  1. Seri M.
    Tipe dasar, tekanan maksimum 150 psi dan bahannya adalah paduan aluminium
  2. Seri MS, MSAA dan MSA
    Penutup ganda untuk perlindungan ekstra dengan tekanan maksimum 300PSI. Hal ini memungkinkan pengukur aliran dipertahankan dengan baik dengan kehilangan tekanan rendah
  3. Seri MA
    Mirip dengan tipe aslinya, tetapi kuat untuk tekanan maksimum 350 psi dan dapat mengukur suhu dari -40 ° hingga 185 ° F, -40 ° hingga 85 ° C.
  4. Pengukur aliran FC (kontrol aliran)
    Merek flow meter yang kami patenkan adalah PT Ferindo Energi Instruments. Flow meter ini dibuat dengan prinsip lulus uji ISO dan skala ini telah digunakan di seluruh dunia karena memiliki standar CE (Conformité European). Ini memiliki spesifikasi yang sama untuk kontrol fluida, tetapi pengukur aliran ini memiliki 0,1% ultrafine / akurasi sangat baik, dapat mengukur cairan hingga 1.500.000 SSU dengan viskositas 30SSU dan cairan pada suhu -40 ° F pada 160 ° F. dapat mengukur materi. .

Pengukur aliran ini juga hadir dengan dua pilihan, yaitu semua stainless steel dan paduan aluminium. Pengukur aliran ini juga dapat dipasang dengan berbagai aksesoris, seperti pemancar pulsa (untuk dihubungkan ke PLC), printer, penghilang udara, filter, pengukur digital dan analog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *